apa perbedaan Vector dengan Bitmap?


apa perbedaan Bitmap dengan Vektor???

kadang ada yang suka bertanya-tanya (belum tau)apa itu bitmap dan apa itu vektor??
setelah berguru kemana-mana di dunia maya akhirnya keingin tauan saya terjawab.sekalian berbagi pengetahuan.
vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis dimana mengolah image dengan menggunakan unsur dasar garis(koordinat).
Keuntungan dari vektor ini adalah gambar akan mempunyai ukuran yang relatif kecil, kemudian jika gambar di besarkan maka tidak pecah,
gambar akan tetap terlihat solid atau utuh tidak seperti gambar bitmap,masih bisa di edit..format vektor di antaranya CDR,EPS dan SPG.
perogram untuk membuat vektor banyak sekali tapi yang dah ga asing lagi di telinga kita seperti Adobe Illustrator,corelDRAW,Macromedia FreeHand.

sedangkan Bitmap tersusun dari titik - titik kecil dengan sebutan pixel.
dimana unsur terkecil ini akan membentuk suatu kesan yang ditangkap oleh mata sebagai sebuah gambar.
Apabila gambar tersebut dibesarkan hingga melawati batas maksimalnya maka gambar tersebut akan terlihat unsur dasarnya yaitu kotak - kotak warna.
contoh program pengolah bitmap adobe photoshop,corelphotofine,dll.
segitu dulu yach,kalo saya dah dapet info laen nanti di update.

0 komentar: